Indahnya Hidup dengan Doa
04.02 | Author: Belajar Islam
Kadang kita merasakan bahwa hidup ini penuh dengan ujian dan cobaan. Belum berhenti satu ujian selesai sudah datang ujian yang lainnya. Bahkan bisa jadi ujian dan cobaan datang bersamaan tanpa mengenal lelah. Sedangkan kita merasakannya sudah begitu capek………sakit….dan menderita. Lantas ada apa ini….? Apakah Tuhan membenci Kita?.......Ataukah Tuhan sudah tidak peduli lagi?........ Atau kah Tuhan Justru menyayangi kita dan menghendaki agar kita ingat akan tujuan hidup yang sebenarnya? Yah bisa jadi Tuhan menyadarkan kita melalui berbagai ujian dan cobaan yang datang kepada kita.
Bukankah hidup akan lebih nikmat jika kita menghadapi berbagai masalah yang datang dan kita berhasil menyelesaikannya?..........Coba anda bayangkan jika hidup anda begitu monoton dan tanpa ada masalah sama sekali. Mulai dari bangun tidur….kemudian melakukan rutinitas secara biasa saja….begitu seterusnya….sampai tiba-tiba panggilan itu datang dari Tuhan……………” kamu telah selesai waktumu”. Ah….pasti anda akan menyesal……kenapa secepat ini Tuhan. Rasanya saya baru kemarin lahir…kok sekarang sudah Engkau panggil untuk menghadap Mu? Rasanya saya belum melakukan apa-apa yang dapat aku banggakan di hadapan Mu? Selama ini aku hanya membanggakannya kepada orang lain, kepada sanak keluarga ku, teman-teman ku………kenapa secepat ini Tuhan? Berikan aku waktu lagi walau sehari?
Mungkin Tuhan hanya tersenyum melihat permintaan kita dan berkata “ Bukankah Aku telah memperingatkan mu melalui Al Qur an bahwa hidup itu hanya sesaat dan senda gurau belaka. Tapi apa yang kamu lakukan?....... Bukannya memperbanyak ibadah…malah kau perbanyak maksiat dan perbuatan salah lainnya. Bukannya memperbanyak amal …malah kau tumpuk harta mu seakan-akan engkau wariskan sampai anak cucumu. Kau lupakan anak-anak yatim, orang miskin, dan orang-orang yang membutuhkan lainnya….sampai saat Aku memanggilmu”
Bila Tuhan telah menetapkan waktuNya kepada kita….maka itu tidak akan diundur atau dimajukan sedetik saja. Semuanya telah digariskan. Semua telah diberi kesempatan untuk bertaubat……….
Lantas bagaimana mempersiapkan hidup menjadi lebih baik dan lebih baik lagi?...
Sewaktu aku masih di desa dulu…tepatnya di pinggiran kota Kediri Jawa Timur, selalu diadakan kajian tentang sebuah kitab “ Bidayatul Hidayah”. Kitab itu kurang lebih berisi tentang panduan hidup para ulama jaman dulu…..mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.
Disitu diceritakan bahwa dalam hidup ini kita harus terus bergantung kepada Allah. Allohusshomad artinya “ Alloh tempat bergantung”. Jadi usahakanlah untuk menjalin hubungan dengan Alloh disetiap saat melalui doa. Ingatlah ayat dalam Alquran tentang ulil albab. Yaitu orang-orang yang selalu mengingat alloh baik dalam keadaan duduk, berdiri, maupun berbaring, dan berpikir tentang penciptaan langit dan bumi seraya mengatakan “ tidaklah sia-sia apa-apa yang diciptakan Alloh.”
Kembali ke kitab bidayatul hidayah diatas. Dalam kitab tersebut dijelaskan tentang doa-doa yang harus kita baca selama satu hari penuh.
Doa bangun tidur, doa hendak masuk kamar mandi, doa hendak berwudlu, doa hendak sholat, doa hendak keluar rumah, doa mau makan, dan masih banyak doa yang lainnya. Intinya kita dilatih untuk terus berdoa kepada Alloh…pada setiap keadaan.
Kalau ingin hidup bahagia dan tenteram….tidak ada salahnya anda mencoba rahasia yang satu ini. Yaitu dengan mengamalkan doa-doa dalam setiap keadaan anda. Tidak harus memakai bahasa arab…..tidak harus hafal. Anda bisa membacanya dengan sungguh dan tawadhu berserah diri secara total hanya memohon ridhlo Alloh swt. Insya alloh hidup anda akan lebih bermakna.
Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Alloh swt Amiiien.


Dikutip dari http://www.didiksugiarto.com
This entry was posted on 04.02 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: